header raharja motor
news and info
online support raharja motor
Thursday, 02 October 2014
Tips Sebelum dan Saat Mengendarai Motor
Suzuka -Banyaknya kecelakaan sepada motor yang berujung pada kematian di jalanan, bisa terjadi akibat ketidaktahuan si pengendara akan tata tertib berkendara, baik itu sebelum dan saat berkendara.


Nah kali ini salah satu instruktur Honda, dari main diler Honda wilayah Jawa Barat PT Daya Adi Cipta Mustika, Aldea Hendry yang mengikuti kompetisi The 15th Safety Japan Instructors Competition 2014, di Suzuka Jepang berbaik hati memberikan tips untuk pengendara motor.

"Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan setiap pengendara sebelum berkendara. Karena setiap pengendara juga harus mengetahui 3 faktor penyebab kecelakaan," katanya.

Nah mau tahu apa saja? Lihat yang berikut ini ya.

a. Sehat fisik dan mental

Buat siapa saja pengendaranya, pastikan untuk tidak berkendara dalam pengaruh obat-obatan. Sebelum mulai naik motor disarankan sebelum berkendara untuk melakukan pemanasan, dan kerap berolah raga setiap harinya agar fisik tetap terjaga.

b. Persiapkan kendaraan Anda

Sebelum berkendara setiap kita juga harus memastikan untuk mempersiapkan kendaraan sebaik mungkin. Seperti mempersiapkan bensin (BBM), tekanan ban, lampu-lampu kendaraan, baut-baut kendaraan dipastikan kencang semua.

c. Persiapkan perlengkapan diri

Tidak hanya taat kepada peraturan pemerintah dalam berkendara, dipastikan perlengkapan diri bersepeda motor bisa menjadi penyelamat Anda di saat berkendara. Seperti menggunakan helm, jaket tebal lengan panjang, sarung tangan full hingga jari, sepatu diatas mata kaki.

d. Tiga faktor kecelakaan

Aldea menuturkan hampir 80 persen kecelakaan sepeda motor disebabkan oleh faktor manusianya (pengendaranya). Karena tidak siap untuk berkendara.

Selanjutnya faktor kedua yang bisa menyebabkan kecelakaan juga bisa saja disebabkan oleh faktor lingkungan. Seperti bencana alam.

Faktor kecelakaan yang ketiga disebabkan oleh kondisi motor yang tidak memadai. Tidak memperhatikan kendaraannya, jarang melakukan service berkala.

 

Sangat mudah kok caranya, jadi selalu perhatikan beberapa hal di atas ya sebelum berkendara dan pastikan selalu berdoa agar diberikan keselamatan pada saat berkendara.

Happy riding

Sumber



Other News