header raharja motor
news and info
online support raharja motor
Friday, 04 October 2013
Mudahnya Pasang Sendiri Stiker Bodi
Sebenarnya, proses pemasangan stiker sendiri tidak lah sulit. Apabila anda mengetahui cara dan tehnik pemasangan serta alat-alat yang digunakan. Berikut adalah cara pemasangan decal atau stiker yang dipersembahkan Tommy Kurniawa dari Zerografix Custom.

Siapkan peralatan yang dibutuhkan, antara lain pisau cutter, air sabun, hairdryer, dan penggaris besi/plastik yang sudah dilapisi kain halus. "Sebelumnya, pastikan kondisi permukaan bodi kendaraan dalam kondisi bersih. Disarankan untuk melakukan pemolesan bodi seminggu sebelum pemasangan untuk mendapatkan hasil yang baik," ujar pria yang juga seorang desainer ini.

Setelah seluruh bodi dipastikan bersih, mulai dengan membasahi permukaan bodi dengan air sabun. Agar decal yang akan kita tempel tidak langsung menempel pada permukaan bodi. Setelah terlihat basah segera tempelkan bagian 1a pada permukaan, agar mudah menetapkan titik awal decal untuk meratakan semua permukaan.

"Saat pemasangan, usahakan agar meratakan permukaan sekaligus dengan penggaris yang sudah dilapis dengan kain agar tidak mendapatkan gelembung udara yang terperangkap pada decal," wantinya.

Setelah permukaan rata dan decal yang terpasang tidak bergeser, panaskan permukaan decal dengan hairdryer. Selain membantu pengeringan pada permukaan dalam, hiardryer juga berfungsi untuk melemaskan permukaan decal agar mudah mengikuti kontur bodi.

Pastikan kembali tidak adanya udara yang terperangkap di dalam lapisan decal. Apabila masih ditemui gelembung pada permukaan, tusuk gelembung tersebut dengan jarum atau peniti agar udara yang terperangkap dapat keluar.

Setelah selesai dengan pemasangan, biarkan selama 1x24 jam agar perekat dapat menempel sempurna. Jangan lakukan pemolesan selama decal merekat sempurna, sebab decal yang sudah kita tempel akan bergeser, dan membuat semua pengerjaan akan dimulai dari awal.

Menurut Tommy yang telah mengekspor desain stiker bodi ke beberapa negara ini menuturkan, bahwa decal optional dapat direkatkan pada bagian yang dikehendaki. Namun, jika ada bagian yang terlihat tidak rata pada permukaan bodi, kita bisa memotongnya dengan mengunakan cutter. Tekan secara perlahan agar tidak menggores permukaan bodi.

Setelah melakukan proses pemasangan stiker sendiri, Anda akan dapat melihat hasilnya. "Jika proses pemasangan stiker sendiri ini sudah sesuai dengan anjuran dan arahan yang benar, dipastikan hasilnya tidak kalah dengan profesional yang terbiasa mengerjakan pemasangan stiker atau decal," tutup Tommy

 

Sumber



Other News