header raharja motor
news and info
online support raharja motor
Friday, 04 October 2013
Tips Ganti Oli Motor
Mesin motor memiliki berbagai komponen yang bekerja untuk menjalankan kendaraan roda dua ini. Oli memiliki fungsi untuk melindungi komponen-komponen dalam mesin motor tersebut dari gesekan.

Jika tidak melakukan penggantian oli secara rutin, maka komponen-komponen tersebut akan saling bergesekan dan membuatnya lebih cepat aus.

 

 

 

Selain itu, jangan sampai Anda menggunakan oli mobil untuk mengganti oli motor karena oli mobil dirancang untuk menggunakan mesin dengan kopling kering. Sedangkan mesin motor menggunakan kopling basah yang harus terendam oli.

Kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli motor? Menurut yang tertera pada petunjuk pemakaian, biasanya 1.500/km-4.000/km. Namun akan lebih baik jika Anda mengganti oli motor Anda sesuai dengan penggunaan dan jarak tempuh kendaraan per hari.

Untuk Jarak pendek yang satu bulan menempuh 200-500 km, disarankan untuk mengganti oli setiap 1.5 bulan. Untuk jarak menengah di atas 500 km per bulan akan sangat baik untuk mengganti oli sebulan sekali.

Lain halnya dengan Anda yang harus menempuh jarak jauh hingga 200 km per hari. Sebaiknya Anda mengganti oli motor setiap 2 minggu sekali atau setiap 1200 km (untuk oli dengan jarak tempuh 2000 km).

Hal ini penting dilakukan untuk tetap menjaga performa motor Anda, sebab mesin yang terus berjalan akan mengurangi kualitas oli dan membuatnya semakin encer. Jika oli motor Anda sudah terlalu encer, maka performa motor Anda juga akan terpengaruh.

 

Sumber: http://www.otosia.com/tips/tips-ganti-oli-motor.html



Other News